Bahas santai KTM RC390 "THE EXPENSIVE TORQUE"

KTM RC390
INTRO
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu
Kalo Bro-bro seneng sekalian yang generasi 90-an mendengar
brand “KTM” pasti langsung teringat
dengan Mbak Inul Daratista yang mengatakan “ KTM donk ah!!, karena pada era 2000-an pernah ada iklan motor
dengan brand “KTM” yang cukup
fenomenal di TV, yap memang motor tersebut bermerk KTM, namun itu adalah brand
asal Negara tirai bambu yang tak lain
dan tak bukan adalah Negara China yang lebih dikenal dengan sebutan KTM “Inul”.
Banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dengan brand ini(bahasa sundanya mah “pahili”), sehingga
KTM yang berasal dari benua Eropa
dianggapnya sama seperti KTM “Inul”.

Nah… Bro-bro seneng sekalian, Kali
ini kita gak akan bahas bahas KTM “Inul”, tapi yang akan kita bahas adalah KTM
yang memiliki slogan “READY TO RACE”
secara mendalam. di Indonesia KTM sudah memasarkan beberapa produknya, untuk
segmen “Nunggingnya” (Sport bike) ada
KTM RC series dan untuk segmen “Tegaknya”
(Naked bike) ada DUKE series. KTM sendiri memberikan beberapa pilihan varian kapasitas
mesin yaitu 200,250, dan 390.
Admin rasa KTM RC390 merupakan produk yang cukup jarang,
sehingga memunculkan rasa ketertarikan Admin untuk membahasnya secara mendalam,
jadi langsung saja tanpa lama-lama kita CEKIDOT!!
APA spesialnya sih?
Di Indonesia KTM varian RC390 cc cukup
jarang, Khususnya yang keluaran terbaru. Entah mungkin karena jarang peminat
atau karena konsumen Indonesia merasa cc 200 dan 250 cc sudah lebih dari cukup,
yang jelas Harga motor ini MAHAL. Jika Bro-bro seneng sekalian
berminat untuk meminangnya, Bro-bro seneng harus menebusnya
dengan mahar Rp110,5 Juta* Tapi Masalah MAHAL atau MURAH itu relatif, tergantung Bro-bro seneng punya duit berapa.
Hal-hal yang special
dari motor ini adalah:
v DESAIN

Jika
Bro-bro seneng
mencari motor dengan desain yang sangat sporty, motor ini sangat cocok
dipinang. Aura sporty yang diberikan oleh KTM sangat melekat dengan sempurna
pada motor ini. Bahkan jika Bro-bro seneng mengendarainya di jalanan, motor ini pasti
akan banyak dilirik orang sekitar karena desain dan khasnya yaitu ORANGE.
v MESIN

Bro-bro seneng yang budiman, KTM RC390 ini
memiliki mesin yang bertorsi besar dan tentunya sangat bertenaga. Yaitu DOHC 1
cylinder 373,2 cc dengan sistem pendinginan radiator. Mesin motor ini dapat menghasilkan tenaga
sebesar 43 Ps (On crank) pada putaran
9000 RPM dan Torsi puncak sebesar 35Nm pada putaran 7000RPM, which is tenaga dan torsi puncaknya
dapat diraih pada putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Maka jika Bro-bro seneng
suka mengendarai motorsport untuk bermacet-macetria dalam kota, motor
ini dapat menjadi pilihan yang menarik. Tapi perlu Bro-bro seneng
INGAT! Berhubung mesin 1
cylindernya memiliki kompresi yang tinggi, Bro-bro seneng harus
memberikannya “minuman” dengan oktan minimal setara PERTAMAX TURBO (oktan95) karena
jika oktannya dibawah itu, mesin motor ini akan menjadi lebih panas.
Jika Bro-bro seneng bertanya, “motor ini rivalnya siapa di Indonesia?”.
Sejauh ini di pasaaran Indonesia motor yang berhadapan langsung dengan motor
ini hanya TVS Apache 310RR. Namun
Admin rasa jika berbicara masalah
performa mesin tanpa berbicara harga, Sportfairing
250cc 2 cylinder yang sudah banyak bertebaran di Indonesia dapat menjadi rival
seimbang motor ini di pasaran Indonesia.
v FITUR
Berbicara
soal fitur, motor ini menyuguhkan beragam fitur yang canggih dan pastinya
fungsional. Berikut beberapa fiturnya
Ø Rangka
Teralis
Ø Suspensi
Upside down

Ø Rem
Abs

Untuk sektor keselamatan, Motor ini sudah
dilengkapi sistem pengereman (Anti-Lock
Brake system) ABS pada. Fitur ini tertanam pada Rem dari pabrikan BYBRE (anak perusahaan BREMBO). Dibekali cakram berdiameter 300mm dengan 4
piston caliper untuk bagian depannya, dan pada bagian belakangnya cakram
berdiameter 230mm dengan 1 piston caliper. Sehingga ketika Bro-bro seneng
melakukan pengereman di jalan yang licin akan menjadi lebih aman.
Ø Headlamp Projector

Ditambah lagi dengan lampu DRL yang
menambah kesan sporty.
Stang Underyoke

Sesuai dengan jargonnya “READY TO RACE”, untuk menunjang
kebutuhan balapnya diberikan fitur Underyoke pada stangnya yang menciptakan
sudut berkendara sebesar 125 derajat.
v HARGA
Hal yang
paling ditunggu-tunggu informasinya oleh pada (CABAY) AKA CAlon Bayer kendaraan
bermotor biasanya adalah HARGA. Nah.. selama membuat blog ini , admin
menemukan angka yang cukup fantastis untuk menebus “SEEKOR” KTM RC390 ini yaitu
sebesar Rp. 110 Juta OTR Jakarta. Jika dibandingkan dengan pesaing sekelasnya
yang tak lain dan tak bukan adalah TVS APACHE
310RR yang bisa Bro-bro seneng tebus dengan “Mahar”
sebesar Rp.49Juta, Harga
motor ini bagai bumi dan langit.
Outro
Semoga
informasi yang admin bagikan ini bisa bermanfaat bagi para pemirsa Bro-bro seneng sekalian
yang membacanya. Bila ada informasi yang kurang lengkap atau kurang tepat mohon
dimaklumi, karena admin juga masih sama-sama belajar. Dan bagi Bro-bro seneng sekalian
yang ingin menambahkan atau memberi saran bisa menuangkan idenya di kolom
komentar. Doakan agar blog ini dapat terus berkembang. Mohon maaf bila ada
salah-salah kata, penulisan atau apapaun yang berkaitan dengan artikel ini.
Jangan lupa di Share artikel ini ke saudara, rekan-rekan, atau pun orang
terdekat Bro-bro seneng agar Blog
ini semakin dikenal. "DONT FORGET SAFETY IS NUMBER ONE". Akhir
kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Haturnuhun…
Comments
Post a Comment