Bahas santai KTM RC390 "THE EXPENSIVE TORQUE"



Gambar terkait
KTM RC390

INTRO
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu
            Kalo Bro-bro seneng sekalian yang generasi 90-an mendengar brand “KTM” pasti langsung teringat dengan Mbak Inul Daratista yang mengatakan “ KTM donk ah!!, karena pada era 2000-an pernah ada iklan motor dengan brand “KTM” yang cukup fenomenal di TV, yap memang motor tersebut bermerk KTM, namun itu adalah brand asal Negara tirai bambu yang tak lain dan tak bukan adalah Negara China yang lebih dikenal dengan sebutan KTM “Inul”. Banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dengan brand ini(bahasa sundanya mah “pahili”), sehingga KTM  yang berasal dari benua Eropa dianggapnya sama seperti KTM “Inul”.
Hasil gambar untuk KTMinul
          Nah… Bro-bro seneng sekalian, Kali ini kita gak akan bahas bahas KTM “Inul”, tapi yang akan kita bahas adalah KTM yang memiliki slogan “READY TO RACE” secara mendalam. di Indonesia KTM sudah memasarkan beberapa produknya, untuk segmen “Nunggingnya” (Sport bike) ada KTM RC series dan untuk segmen “Tegaknya” (Naked bike) ada DUKE series. KTM sendiri memberikan beberapa pilihan varian kapasitas mesin yaitu 200,250, dan 390.
          Admin rasa KTM RC390 merupakan produk yang cukup jarang, sehingga memunculkan rasa ketertarikan Admin untuk membahasnya secara mendalam, jadi langsung saja tanpa lama-lama kita CEKIDOT!!





APA spesialnya sih?
            Di Indonesia KTM varian RC390 cc cukup jarang, Khususnya yang keluaran terbaru. Entah mungkin karena jarang peminat atau karena konsumen Indonesia merasa cc 200 dan 250 cc sudah lebih dari cukup, yang jelas Harga motor ini MAHAL. Jika Bro-bro seneng sekalian berminat untuk meminangnya, Bro-bro seneng harus menebusnya dengan mahar Rp110,5 Juta*  Tapi Masalah MAHAL atau MURAH itu relatif, tergantung Bro-bro seneng punya duit berapa.
Hal-hal yang special dari motor ini adalah:
v DESAIN
Gambar terkait

Jika Bro-bro seneng mencari motor dengan desain yang sangat sporty, motor ini sangat cocok dipinang. Aura sporty yang diberikan oleh KTM sangat melekat dengan sempurna pada motor ini. Bahkan jika Bro-bro seneng  mengendarainya di jalanan, motor ini pasti akan banyak dilirik orang sekitar karena desain dan khasnya yaitu ORANGE.

v MESIN
Gambar terkait
          Bro-bro seneng yang budiman, KTM RC390 ini memiliki mesin yang bertorsi besar dan tentunya sangat bertenaga. Yaitu DOHC 1 cylinder 373,2 cc dengan sistem pendinginan radiator.  Mesin motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 43 Ps (On crank) pada putaran 9000 RPM dan Torsi puncak sebesar 35Nm pada putaran 7000RPM, which is tenaga dan torsi puncaknya dapat diraih pada putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Maka jika Bro-bro seneng suka mengendarai motorsport untuk bermacet-macetria dalam kota, motor ini dapat menjadi pilihan yang menarik. Tapi perlu Bro-bro seneng  INGAT! Berhubung mesin 1 cylindernya memiliki kompresi yang tinggi, Bro-bro seneng harus memberikannya “minuman” dengan oktan minimal setara PERTAMAX TURBO (oktan95) karena jika oktannya dibawah itu, mesin motor ini akan menjadi lebih panas.
          Jika Bro-bro seneng bertanya, “motor ini rivalnya siapa di Indonesia?”. Sejauh ini di pasaaran Indonesia motor yang berhadapan langsung dengan motor ini hanya TVS Apache 310RR. Namun Admin rasa jika  berbicara masalah performa mesin tanpa berbicara harga, Sportfairing 250cc 2 cylinder yang sudah banyak bertebaran di Indonesia dapat menjadi rival seimbang motor ini di pasaran Indonesia.

v FITUR
Berbicara soal fitur, motor ini menyuguhkan beragam fitur yang canggih dan pastinya fungsional. Berikut beberapa fiturnya
Ø Rangka Teralis
Gambar terkait
Rangka jenis ini biasanya di gunakan oleh pabrikan-pabrikan motor ternanam dari Itali seperti MV agusta, Ducati, Aprilia, Polini. Selain memperkuat kesan sporty, rangka jenis ini memberikan rasa berkendara dengan handling yang sangat tajam. Sehingga Bro-bro seneng yang menggunkannya sangat Confident saat  bermanuver ataupun menikung di lintasan balapan. Sesuai dengan jargonnya “READY TO RACE”.

Ø Suspensi Upside down
       Gambar terkait  Untuk menunjang kestabilan bermanuver, Suspensi Upside down besutan WP pun tak lupa disematkan pada motor ini. Yang special dari    suspensinya ini adalah ukuran diameternya yang besar yaitu 43 mm. Karakter            yang kaku nan stabil dipadukan dengan rangka yang rigid menciptakan handling        yang sporty.


Ø Rem Abs
Gambar terkait
 Untuk sektor keselamatan, Motor ini sudah dilengkapi sistem pengereman (Anti-Lock Brake system) ABS pada. Fitur ini tertanam pada Rem dari pabrikan BYBRE (anak perusahaan BREMBO).  Dibekali cakram berdiameter 300mm dengan 4 piston caliper untuk bagian depannya, dan pada bagian belakangnya cakram berdiameter 230mm dengan 1 piston caliper. Sehingga ketika Bro-bro seneng melakukan pengereman di jalan yang licin akan menjadi lebih aman.


Ø Headlamp Projector
Gambar terkait Teknologi Projector pada headlamp sudah digunakan pada motor ini. Sehingga memberikan penerangan yang maksimal saat Bro-bro seneng mengendarinya  pada malam hari.
Ditambah lagi dengan lampu DRL yang menambah kesan sporty.

Stang Underyoke
Gambar terkait     
                                            
Sesuai dengan jargonnya “READY TO RACE”, untuk menunjang kebutuhan balapnya diberikan fitur Underyoke pada stangnya yang menciptakan sudut berkendara sebesar 125 derajat.

v HARGA

Hal yang paling ditunggu-tunggu informasinya oleh pada (CABAY) AKA CAlon Bayer kendaraan bermotor biasanya adalah HARGA.  Nah.. selama membuat blog ini , admin menemukan angka yang cukup fantastis untuk menebus “SEEKOR” KTM RC390 ini yaitu sebesar Rp. 110 Juta OTR Jakarta. Jika dibandingkan dengan pesaing sekelasnya yang tak lain dan tak bukan adalah TVS APACHE 310RR yang bisa Bro-bro seneng tebus dengan “Mahar” sebesar Rp.49Juta, Harga motor ini bagai bumi dan langit.



Outro
Semoga informasi yang admin bagikan ini bisa bermanfaat bagi para pemirsa Bro-bro seneng sekalian yang membacanya. Bila ada informasi yang kurang lengkap atau kurang tepat mohon dimaklumi, karena admin juga masih sama-sama belajar. Dan bagi Bro-bro seneng sekalian yang ingin menambahkan atau memberi saran bisa menuangkan idenya di kolom komentar. Doakan agar blog ini dapat terus berkembang. Mohon maaf bila ada salah-salah kata, penulisan atau apapaun yang berkaitan dengan artikel ini. Jangan lupa di Share artikel ini ke saudara, rekan-rekan, atau pun orang terdekat Bro-bro seneng agar Blog ini semakin dikenal. "DONT FORGET SAFETY IS NUMBER ONE". Akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Haturnuhun…




Comments